Cara Melacak Hp Android Yang Hilang Dengan IMEI

Cara-Melacak-Hp-Android-Yang-Hilang-Dengan-IMEI

Cara Melacak Hp Android Yang Hilang Dengan IMEI

Melacak ponsel Android yang hilang dengan nomor IMEI selalu menjadi topik yang menarik karena masih banyak yang belum mengetahui bagaimana sebenarnya teknik pelacakan ini bekerja.

Cara-Melacak-Hp-Android-Yang-Hilang-Dengan-IMEI

Meskipun IMEI dapat digunakan untuk mengidentifikasi ponsel, melacak ponsel yang hilang dengan IMEI bukanlah urusan langsung yang dapat dilakukan hanya dengan mengklik, mengklik, atau menyalin nomor IMEI ke situs atau aplikasi.

Jika nantinya kita sembarangan terjebak di situs atau aplikasi scam, setidaknya akan menyia-nyiakan waktu kita untuk hal-hal yang tidak berguna.

Agar lebih mudah dipahami, pertama-tama kita perlu mengetahui apa itu IMEI sebenarnya dan apa fungsinya. Mengapa dan bagaimana IMEI dapat digunakan untuk melacak ponsel?

Apa itu IMEI?

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity, rangkaian angka unik (15 digit) yang berguna untuk mengidentifikasi perangkat di suatu jaringan.

Dengan menggunakan nomor IMEI ini, kami juga dapat memperoleh informasi tentang model ponsel, tahun penerbitan dan data teknis. Caranya dengan memasukkan nomor IMEI ke dalam otoritas atau aplikasi identifikasi IMEI.

Coba saja praktek, copy nomor IMEI berikut ini:

356938035643809

Kemudian paste ke situs: https://www.imei.info

Selesaikan bab dan klik PERIKSA. Informasi rinci tentang model ponsel, tanggal rilis, dan spesifikasi akan dipublikasikan nanti.

Untuk melihat nomor IMEI di HP Android caranya sangat sederhana. Kita tinggal tekan kode * # 06 # lalu tekan tombol dial. Nanti informasi tentang nomor IMEI akan diberikan di handphone kita.

Fungsi IMEI untuk melacak ponsel yang hilang

Operator seluler adalah salah satu pihak yang menggunakan IMEI untuk mengidentifikasi ponsel. Operator seluler dapat menggunakan nomor IMEI ini untuk memblokir ponsel di jaringan mereka.

Setelah diblokir oleh jaringan, kami tidak dapat lagi memasuki jaringan meskipun kami mengubah nomor SIM karena IMEI bersifat permanen.

Jika perlu, operator seluler juga dapat melakukan pelacakan lokasi dengan menggunakan IMEI untuk mengidentifikasi perangkat dengan tepat.

Perhatikan kalimat yang saya kental di atas. Inilah peran IMEI dalam melacak ponsel yang hilang.

IMEI hanya digunakan untuk mengidentifikasi perangkat, bukan untuk menentukan lokasinya. Pasalnya di dalam IMEI sendiri tidak ada informasi sama sekali tentang keberadaan perangkat tersebut.

Jadi jika ada situs atau aplikasi yang mengklaim bisa melacak keberadaan HP yang hilang dengan cara copy paste nomor IMEI nya, dipastikan bohong.

Oleh karena itu, lebih baik tidak mempercayai situs web atau aplikasi apa pun seperti ini. Satu demi satu, informasi pribadi kami dicuri atau kami terjebak dalam penipuan.
Cara Melacak Ponsel yang Hilang Menggunakan IMEI

Melacak ponsel Android yang hilang menggunakan IMEI tidaklah mudah dan murah. Untuk melacak ponsel dengan IMEI, kami memerlukan akses ke beberapa menara BTS yang terhubung ke ponsel secara bersamaan.

Teknik pelacakan yang biasa digunakan untuk melacak ponsel dengan IMEI adalah teknik triangulasi BTS. Ini disebut triangulasi karena setidaknya 3 BTS harus terhubung ke ponsel untuk lokasi yang lebih akurat.

BTS adalah singkatan dari Base Transceiver Station atau kita sering menyebutnya menara sinyal. Setiap operator seluler memiliki BTSnya sendiri. Fungsinya untuk menghubungkan ponsel kita ke jaringan selular dari provider yang kita gunakan. BTS ini mudah dikenali karena biasanya dicat dengan warna merah dan putih.
Menara BTS Menara BTS

Pelacakan hanya dapat dilakukan saat ponsel masih hidup. Bagaimana jika ponsel dimatikan? Tentu saja tidak bisa, karena ponsel almarhum tidak bisa mengirim sinyal.

Sebelum melakukan pelacakan menggunakan triangulasi BTS, pelacak memerlukan data sensitif seperti nomor ponsel atau IMEI untuk mengidentifikasi perangkat, serta LAC dan CID yang berguna dalam menentukan area pencarian.

Data ini selalu dikirim dari ponsel kami saat terhubung ke menara BTS. Jadi yang memegang data ini adalah operator seluler. Data ini bersifat rahasia, operator tidak menyebarkannya kepada publik atau orang yang tidak memiliki otorisasi.

Setelah itu, pelacak akan menggunakan 3 menara BTS terdekat yang terhubung ke ponsel yang ingin dilacak secara bersamaan.

Setiap tower BTS digunakan untuk mengukur jarak antara M

 

Lihat Juga :

https://www.mobifrance.com/

https://bootb.com/