Syarat dan Contoh Berita Terbaru

Syarat-dan-Contoh-Berita-Terbaru

Memahami Teks Pesan – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian teks pesan. Silakan lihat penjelasan di bawah ini untuk lebih jelasnya

Pahami teks pesan

Teks pesan adalah teks yang melaporkan peristiwa, peristiwa, atau informasi tentang sesuatu yang sedang terjadi atau terjadi. Contoh pesan-pesan ini bisa dipraktekkan secara lisan, yang sering kita dengar dan lihat di televisi, dan secara tertulis, yang bisa kita baca di media cetak.
Properti teks pesan
Untuk mengetahui jenis teks dimana teks tersebut mengandung teks pesan, maka perlu diketahui karakteristik dari teks pesan itu sendiri. Ciri-ciri teks pesan ini selalu menjadi elemen dalam pembuatan teks pesan. Jadi jika Anda ingin membuat badan pesan, jangan lupa untuk menentukan karakteristik badan pesan.

 

Syarat-dan-Contoh-Berita-Terbaru

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman https://kabarkan.com/ Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

Ciri-ciri badan pesan meliputi ciri faktual

Faktual, unik, dan menarik yang mempengaruhi masyarakat luas, meliputi waktu dan permulaan kejadian, objektif, dan menggunakan bahasa baku.

Rincian lebih lanjut adalah:

1. Faktanya

Faktanya – itu adalah peristiwa yang nyata, benar-benar terjadi, dan tidak terikat dengan waktu, terlepas dari apakah peristiwa itu terjadi sekarang atau di masa lalu.
Badan pesan harus berisi elemen acara berita terbaru, terbaru, terpanas, terbaru, atau terhangat. Arti terbaru di sini dapat berarti fakta terbaru dari peristiwa lama atau peristiwa yang baru saja terjadi

2. Memang

Memang sebuah peristiwa yang nyata dan benar-benar terjadi dan panas (viral) menjadi perbincangan banyak orang baik saat ini maupun yang baru.

3. Unik atau menarik

Teks pesan harus jelas atau berbeda dan mengandung kata-kata menarik yang dapat menarik perhatian pendengar atau pembaca.
Unsur menarik artinya berita harus membangkitkan rasa penasaran dan ketertarikan masyarakat agar dapat mendengar isi berita tersebut. Acara yang menarik dan diminati masyarakat biasanya bersifat menghibur, aneh, memiliki unsur kedekatan, mengandung nilai kemanusiaan, mengandung unsur prokreasi, kriminalitas, dan konflik.

4. Mempengaruhi masyarakat luas

Teks pesan harus berdampak pada masyarakat sebagai pendengar.

5. Adanya kronologi waktu dan tempat kejadian

Badan berita biasanya disertai dengan timeline kemunculannya, serta kronologi peristiwa atau bagaimana peristiwa yang menjadi berita itu terjadi.

Gol ke-6
Tujuannya agar pesan yang dikirimkan adalah pesan yang benar, tanpa dipengaruhi oleh pandangan atau pendapat pribadi.

7. Bahasa standar, sederhana dan komunikatif

Bahasa yang digunakan dalam tubuh pesan umumnya menggunakan bahasa yang sederhana dan komunikatif. Bahasa standar adalah salah satu dari berbagai bahasa yang pengucapan dan tulisannya sesuai dengan aturan standar. Aturan tipikal dapat berupa Extended Spelling Guidelines (EYD), tata bahasa standar, dan kamus umum.
Struktur teks pesan
Struktur teks pesan merupakan susunan bagaimana teks tersebut dikonstruksi / diproduksi. Struktur teks pesan adalah sebagai berikut:
di. Orientasi berita,
Orientasi pemberitaan mencakup pembukaan suatu peristiwa yang sedang diberitakan. Biasanya ada penjelasan singkat tentang berita tersebut.

b. Peristiwa,
Peristiwa memuat sejarah suatu peristiwa dari awal sampai akhir, berdasarkan apa yang terjadi dan dijelaskan dengan fakta di lapangan.
c. Sumber berita,
Berisi sumber berita. Biasanya berita yang disediakan oleh para profesional dan ditulis di media cetak seperti surat kabar, namun tidak jarang di media elektronik, juga memuat sumber berita, khususnya di internet.

Aturan bahasa teks pesan

Aturan bahasa yang digunakan di badan pesan adalah sebagai berikut:

1. Kata kerja transitif

Transitif adalah jenis kata kerja yang dapat diubah menjadi bentuk pasif.
Contoh: Pejabat eselon dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia menuduh kapal-kapal Vietnam menabrak lebih dari 1.400 kali kapal yang berada di dekat anjungan minyak kontroversial di wilayah laut Indonesia.

2. Kata kerja reporter

Kata kerja pengkhotbah adalah kata kerja yang menunjukkan suatu percakapan.
Contoh: Dalam sebuah siaran televisi di Iran, Wakil Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araqchi mengatakan pertemuan di Jenewa, Swiss juga membahas tentang sanksi yang telah merusak perekonomian negara yang sangat bergantung pada minyak itu.

3. Kata keterangan atau kata keterangan

Adveria adalah kelas kata yang menganotasi kata lain.

4. Konjungsi temporal

Konjungsi temporal adalah konjungsi terkait waktu.
Contoh: lalu, setelah, akhirnya.

5. Pidato langsung

Kalimat langsung adalah kalimat yang hasil kutipan langsung dari percakapan seseorang persis seperti yang dikatakannya.

6. Pidato tidak langsung

Kalimat tidak langsung merupakan kalimat yang melaporkan atau memberitahukan perkataan orang lain dalam bentuk kalimat berita.

7. Bahasa yang digunakan:

sederhana
Menarik
Pendek, padat, dan jelas
Komunikatif
Netral atau obyektif

Perbedaan antara Teks Berita dan Teks Non Berita
Teks berita dari struktur dan strukturnya sangat berbeda dengan teks non berita, untuk mengetahui lebih lengkap tentang perbedaan teks berita dan teks non berita, yaitu sebagai berikut:
Teks Berita

Faktual dan aktual
Dibuat oleh jurnalis
Susunan piramida terbalik (dijelaskan poin utama di awal)
Bahasa komunikatif
Tidak termasuk pendapat pribadi

Teks Non-Berita

Nyata
Dibuat oleh tenaga ahli dibidangnya
Induktif (subjek di akhir)
Bahasa menurut jenis teks
Sertakan pendapat pribadi

Teknik Membaca Berita

Teks berita harus didukung dengan penyampaian atau cara membaca berita yang dapat menunjang peminat berita, Adapun teknik membaca berita adalah sebagai berikut:

1. Pengucapan

Pelafalan adalah cara sekelompok orang melafalkan bunyi bahasa. Bunyi bahasa Indonesia meliputi vokal, konsonan, difton, kombinasi konsonan.

2. Tekanan / Nada

Stres atau nada adalah tingkat pengucapan suatu kata. Dalam hal ini nada bertujuan untuk memberi penekanan khusus pada kata atau kalimat tertentu

3. Intonasi

Intonasi adalah naik turunnya kalimat lagu. Intonasi berfungsi sebagai makna kalimat.

4. Jeda

Jeda adalah penghentian dari kalimat lagu. Jeda terdiri dari 3 jenis yaitu:
Jeda panjang (.) Poin
Jeda menengah (,) koma
Jeda singkat (_) spasi

5. Volume

Volume suara adalah ukuran seberapa lambat atau keras suatu suara dikeluarkan, sedangkan Tempo adalah ukuran seberapa lambat atau cepat berita dibaca.
Contoh teks berita
Satu bulan telah berlalu, Air Masih Menggenangi Beberapa Lokasi di Manado Banjir bandang yang melanda Manado sudah hampir sebulan berlalu. Namun tumpukan sampah dan lumpur masih terlihat di beberapa daerah. Bahkan di beberapa jalan dan gang, sisa air banjir masih terlihat.
Pantauan Senin (10/2/2014), air setinggi 20 sentimeter terlihat di ruas jalan Persimpangan Plaza dan depan Makmur, Kecamatan Wenang.
Salah satu warga, Yudi, yang terlihat masih berusaha membersihkan lumpur dari rumahnya, mengaku kesal dengan kondisi tersebut.
Menurutnya, Pemkot Manado belum mencari solusi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. “Air di sini tidak mau surut, masih tergenang. kalau hujan air langsung masuk ke dalam rumah, karena talang mampet, ”kata Yudi.
Menurutnya, tidak ada gunanya mereka membersihkan rumah, karena air bercampur lumpur di jalan masih ada. Selain di perempatan Plaza, air dan kawasan keturunan Tionghoa masih dipenuhi lumpur. Sampah dan lumpur yang mengendap dalam waktu lama mengeluarkan bau yang tidak sedap. Banyak warga yang lalu lalang di daerah itu harus menutup hidung.
Sampah masih terlihat di perempatan Terminal Paal Dua, di samping SPBU Paal 2, Tanjung Baru, Ketang Dalam, Tikala dan beberapa lokasi lainnya. Banyaknya sampah yang tertinggal akibat banjir bandang yang terjadi pada 15 Januari 2014 memang menyulitkan pemerintah. Meski banyak relawan yang turun setiap hari untuk membantu membersihkan dan membuang sampah, masih banyak sampah yang belum terbuang.
Diperkirakan sampah yang tertinggal akibat banjir bandang mencapai 100.000 meter kubik. Sedangkan tempat pembuangan sampah di Sumompo sudah melebihi kapasitasnya.

Contoh Teks Berita tentang Kebakaran

Kemarin malam, pukul 22.14 WIB, kejadian tak terduga terjadi di kompleks perumahan Griya Jaya Bekasi. Kejadian tak terduga menimpa keluarga Pak Andi dimana rumahnya dibakar oleh api unggun. Penyebab kebakaran tersebut diduga karena pemilik rumah meletakkan lilin di atas lemari kayu tersebut.

Beruntung bagi pemilik rumah, kecelakaan tersebut tidak memakan korban jiwa. Pasalnya, saat kebakaran terjadi, Pak Andi sedang menghadiri tahlilan di rumah tetangga. Sedangkan sang istri juga sedang tidak ada di rumah karena sedang pulang ke kampung halaman. Meski tidak ada korban jiwa, kejadian ini tetap menimbulkan kerugian materi hingga 800 juta rupiah.

Contoh teks pesan kecelakaan

Rem Blong, mobil mewah Ferrari, menghantam pembatas jalan

Kecelakaan lainnya terjadi pada 4 Maret 2015 di tol Cipali. Kecelakaan ini terjadi di dalam mobil mewah yang dikemudikan oleh seorang anak laki-laki bernama Agus. Kecelakaan itu disebabkan oleh fakta bahwa mobil pengemudi melaju dengan kecepatan lebih dari 120 km / jam.

Tiba-tiba, saat pengemudi melaju kencang dengan kecepatan tinggi, ia tidak bisa lagi mengendalikan mobil karena rem tidak berfungsi. Akibat kecelakaan tersebut, sebuah mobil Ferrari bernomor polisi B 3641 AH menabrak separator jalan. Namun, pengemudi bisa segera tertolong dan dia segera dibawa ke rumah sakit terdekat untuk perawatan medis.

Lihat Juga : https://kabarkan.com/contoh-cerita-fantasi/