17 Contoh Teks Biografi yang Benar Tentang Berbagai Tema

17 Contoh Teks Biografi yang Benar Tentang Berbagai Tema

17 contoh teks biografi yang benar tentang berbagai topik

17 Contoh Teks Biografi yang Benar Tentang Berbagai Tema

Contoh biografi diri sendiri
Contoh autobiografi

Untuk melihat contohnya, silakan kunjungi halaman Sample Biography of You.
Contoh biografi singkat
Contoh biografi singkat Sumber: swa.co.id

Muhammad Yunus

Muhammad Yunus adalah seorang bankir dan ekonom sukses yang menerima Hadiah Nobel untuk visi dan misinya memberantas kemiskinan dan mendukung pemilik usaha kecil di Bangladesh.

Ia lahir pada tanggal 28 Juni 1940 di Chittagong, sebuah daerah di Benggala Timur atau lebih dikenal sekarang sebagai Bangladesh.

Dia juga pendiri Grameen Bank, sebuah lembaga yang memungkinkan dan menyediakan kredit mikro bagi mereka yang tidak memiliki agunan untuk meminjam dari bank tradisional.

Awalnya Yunus ingin membantu mereka yang ingin keluar dari keterpurukan ekonomi, namun tidak memiliki cukup modal atau bahkan agunan. Salah satu ucapannya yang terkenal adalah sebagai berikut.

“Apa hebatnya ilmu ekonomi yang saya ajarkan ketika orang-orang sekarat di trotoar di seberang kampus tempat saya mengajar, berjuang dalam kesakitan yang menyiksa?”
Muhammad Yunus

Atas dasar ini, ia mengembangkan pinjaman kecil dan menerapkan ide ini dengan mendirikan Grameen Bank. Dengan lembaga ini ia telah berhasil membantu keuangan kliennya.

Akhirnya, pada tahun 2006, Yunus dan institusinya, Bank Grameen, menerima Hadiah Nobel Perdamaian atas upaya mereka menciptakan pembangunan ekonomi dan sosial dari bawah ke atas melalui kredit mikro.

Sejak itu, ia terus menerima berbagai penghargaan nasional dan internasional dan telah berhasil menjabat di dewan penasihat, profesor bisnis, anggota dewan, dewan direksi dan lain-lain di berbagai tempat dan lembaga lain.

Wharton School of Business bahkan membuat film dokumenter PBS dan memilih Profesor Yunus sebagai salah satu dari “25 Orang Paling Berpengaruh dalam Bisnis dalam 25 Tahun Terakhir.”

Pada tahun 2006, The Times juga memasukkannya sebagai salah satu dari “Pahlawan Asia Berusia 60 Tahun”.

Dan pada tahun 2008 ia juga terpilih sebagai orang terpintar kedua di dunia dalam daftar majalah Inggris dari 100 orang paling intelektual dalam jajak pendapat online.
Contoh biografi orang tua
Contoh biografi orang tua ayah dan ibu

ayah dan ibu

Orang tua saya adalah orang yang paling menginspirasi bagi saya. Mereka seperti bidadari tanpa sayap. Tak lama setelah aku lahir ke dunia ini, merekalah yang pertama kali aku lihat dan temui.

Wanita yang saya panggil ibu saya adalah Khaeriyah sedangkan pendamping pria kuat ibu saya adalah Bagas Arya.

Keduanya membuat sumpah suci pada 12 Januari 1990. Dan sejak tanggal pernikahan itu, mereka berdua memiliki tiga anak perempuan, termasuk saya.

Anak pertama bernama Zulfah Nisa Hanifah, anak kedua bernama Zahrotun Nisa Hamidah dan anak terakhir saya, Nur Nisa Nirmayanti.

Ada yang unik di antara kami bertiga, yaitu kami berdua memiliki nama tengah “Nisa”. Untuk bapak dan ibu mengharapkan kita semua menjadi wanita muslimah yang sholeh dan sholehah.

Meskipun kami semua tinggal di desa dan orang tua kami berpendidikan rendah, mereka sangat ketat tentang pengetahuan agama.

Berbekal ilmu agama yang diturunkan dari para pendahulu mereka, mereka berharap kami bertiga bisa menjadi putri yang sholeh dan memuliakan mereka berdua.

Ayah saya adalah seorang pengrajin, pekerjaannya aneh, kadang-kadang tidak ada apa-apa.

Jadi pendapatannya tidak menentu. Meskipun demikian, dia tidak pernah menyerah berjuang untuk kita semua.

Sedangkan ibu saya bekerja sebagai petani. Ibu tahu pekerjaannya adalah kerja keras dan bayarannya tidak tinggi. Namun, dia suka melakukannya dan tidak pernah mengeluh tentang hal itu.

Keduanya berangkat kerja tepat setelah matahari terbit dan pulang tepat saat matahari terbenam.

Saya tahu ibu dan ayah lelah bekerja sepanjang hari, tetapi keduanya tidak pernah menunjukkannya, mereka selalu pandai menyembunyikannya.

Dan di malam hari mereka bahkan tidak bosan mencurahkan waktu dan tenaganya untuk mengaji kami bertiga. Semoga kita bertiga bisa menjadi anak perempuan yang diharapkan ibu dan ayah.

Sumber :