Abadikan Keindahan Alam Apik Dalam Satu Genggaman

Pegang keindahan alam api dengan satu tangan

keindahan-alam

Meninggalkan langit yang gelap Bergegas menuju cakrawala. Semakin tinggi lingkaran, semakin merah dan oranye rona lingkaran. Matahari terbit.

Tak lama kemudian fajar. Sejauh mata memandang, sederet “pulau-pulau kecil” di beberapa tempat begitu eksotik di Bendungan Bili-bili.

Keindahan alam ditangkap dengan indah di satu tangan, sebuah smartphone.

Di kejauhan pegunungan tampak tersembunyi di balik awan. Udara segar. Kicauan burung silih berganti menyambut pagi, Minggu (11/8/2020).

Masih sangat dingin. Beberapa pengunjung kawasan wisata Bukit Indah Beroanging meninggalkan tenda yang telah didirikan sebelumnya.

Mereka terkagum-kagum dengan warna merah dan jingga di cakrawala yang tampak memukau dari atas bukit di Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Salah satu pengunjung kawasan wisata alam, Awal Muhar, tak mau melewatkan momen ini. Dia segera mengeluarkan smartphone-nya.

Sedikit mengutak-atik pengaturan pada smartphone. Pilih resolusi terbaik untuk perekaman video. Dua tangan memegang tepi smartphone dalam posisi horizontal.

Aktivis alam mulai merekam video. Begitu dia merekam video, 8 hingga 10 detik dengan sisi yang berbeda membuat rekaman lebih dinamis.

Pegiat alam lainnya, Junaedy, mengaku sebelumnya pernah menggunakan kamera DSLR dalam berbagai kegiatan di luar ruangan. “Dulu lebih nyaman menggunakan smartphone dengan beragam fungsi yang memudahkan pengambilan gambar dan video,” jelasnya.

Menurutnya, smartphone bisa diandalkan untuk merekam video dengan mulus. Bahkan, tidak kalah dengan kamera DSLR atau mirrorless. “Anda harus melatih keterampilan Anda setiap saat, tentu saja,” jelasnya.

Kemudahan lainnya, jelasnya, adalah video yang sudah direkam bisa langsung diedit melalui aplikasi yang tersedia. “Bisa diedit langsung di smartphone. Kemudian bagikan di berbagai media sosial. Sangat praktis,” jelasnya.

Baca Juga: Terbuka Soal TWK, Roman Baswedan: Ada Orang Koruptor Yang Bekerja Sama

Jenny Chua, Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia, menjelaskan dalam webinar Galaxy Creator Workshop Rabu lalu (11 April 2020) bahwa mengoptimalkan perekaman video di smartphone membutuhkan kreativitas para content creator.

Selain itu, katanya, fitur Samsung Galaxy A71 sangat cocok untuk para content creator. Adapun fitur-fitur Samsung Galaxy A71, seperti empat kamera belakang dengan konfigurasi sensor kamera utama 64 MP, ultrawide 12 MP, depth 5 MP, dan makro 5 MP.

Dalam webinar yang sama, Fotografer Galaxy Z Fold 2 sekaligus content creator di YouTube Glenn Prasetya mengakui bahwa smartphone sangat mudah digunakan dan mampu membuat konten video karena tidak besar, mudah dibawa dan digunakan. “jelasnya.

Pembuat konten, kata dia, perlu berhati-hati dengan gambar, suara, dan kreativitas pembuat konten saat merekam video.

Sumber :