Lindungi data bisnis dan situs web, jangan menjadi korban serangan dunia maya

Lindungi-data-bisnis-dan-situs-web,-jangan-menjadi-korban-serangan-dunia-maya

Tahukah Anda bahwa ada hingga 2.200 serangan siber dalam sehari? Oktober ini, Exabytes berpartisipasi dalam Cyber ​​​​Security Awareness untuk meningkatkan kesadaran publik dan mendidik pemilik bisnis tentang pentingnya privasi.

Lindungi data bisnis dan situs web, jangan menjadi korban serangan dunia maya

Selain itu, melindungi situs web mereka dan data perusahaan yang sensitif dengan meluncurkan kampanye #DetecttoProtect dan menyelenggarakan acara Webinar Keamanan Cyber ​​Exabytes.
Baca juga

Lindungi-data-bisnis-dan-situs-web,-jangan-menjadi-korban-serangan-dunia-maya

Pakar Keamanan Cyber: UU PDP Tidak Akan Segera Mengurangi Tindakan Hacking
Meluasnya Kebocoran Data di Indonesia, Kaspersky Peringatkan Bahaya Serangan Siber
6 Jenis Serangan Cyber ​​yang Perlu Anda Ketahui, Jangan Dianggap Sepele
Banyak Hacker Menyerang, BSSN Akui Keamanan Siber Indonesia Masih Buruk

Menurut data National Cyber ​​​​Security Index (NCSI), keamanan dunia maya di Indonesia menempati urutan ke-6 di Asia Tenggara. Indonesia kini menempati urutan ke-83 dari 160 negara di dunia.

Peringkat ini didasarkan pada beberapa indikator, seperti: B.

supremasi hukum negara terkait keamanan siber, ada tidaknya lembaga negara di bidang keamanan siber, kerja sama pemerintah di bidang keamanan siber, dan bukti publik seperti situs resmi pemerintah atau program terkait lainnya.

Ini memberi Indonesia skor keamanan siber 38,96 dari 100

, jauh di bawah negara-negara tetangga.

“Mengingat ukuran perusahaan yang kecil, kemungkinan kemacetan keuangan dan kurangnya pengetahuan dan pelatihan terkait keamanan siber, UKM biasanya menjadi salah satu target dunia maya. Kita perlu menghindari pola pikir itu karena serangan siber bisa terjadi kapan saja,” kata Kevin Foo, Head of Cybersecurity, Exabytes Group.

Berikut adalah beberapa cara untuk melindungi situs web Anda dari serangan siber:
Didukung oleh GliaStudio

Tambahkan HTTPS dan SSL

Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) sangat penting untuk mengamankan aktivitas online seperti belanja online, perbankan, dan pekerjaan jarak jauh.

Perbedaan antara HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) dan HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah bahwa HTTPS melibatkan otentikasi yang kuat melalui protokol SSL/TLS. Browser menerima informasi identitas apa pun dalam sertifikat yang telah divalidasi oleh pihak ketiga yang tepercaya.

SSL  (Secure Socket Layer) adalah protokol keamanan yang membuat koneksi terenkripsi antara server web dan browser web. Manfaat menggunakan SSL adalah ketika seseorang mengunjungi situs web Anda, data yang dikirim aman. Ini akan membangun kepercayaan pengunjung dan mereka tidak akan ragu untuk berkunjung lagi suatu hari nanti.
Ilustrasi keamanan internet. (Jaringan F5)

Gunakan kata sandi yang kuat

Cara yang masuk akal untuk melindungi situs web adalah dengan menggunakan kata sandi yang kuat dan kompleks. Menggunakan kata sandi yang kuat dan kompleks memperlambat serangan peretas yang membobol sistem komputer.

Gunakan kata sandi yang menggabungkan huruf besar dan kecil, angka dan simbol untuk membuat kata sandi lebih kuat.

Gunakan hosting web yang aman

Saat memilih layanan produk web hosting, pastikan layanan web hosting tersebut aman. Sebaiknya gunakan layanan hosting berbayar. Hindari menggunakan web hosting gratis untuk website bisnis online Anda karena web hosting gratis biasanya kurang dapat diandalkan.

Hindari mengunggah file terlarang ke situs web

Perhatikan setiap file yang diunggah ke situs web perusahaan Anda. Hindari mengunggah file terlarang karena dapat merusak situs web dan menyebabkan serangan dunia maya. Gunakan keamanan unggah file untuk mencegah serangan unggah file anti-malware yang berbahaya.

Kencangkan keamanan jaringan

Tingkatkan keamanan jaringan dengan:

Aktifkan firewall
Gunakan kata sandi untuk melindungi firewall
Pembaruan router firmware
Memblokir alamat IP
Gunakan VLAN
Aktifkan IPS (Sistem Pencegahan Intrusi).
Aktifkan WAF (Firewall Aplikasi Web).
Gunakan VPN (Virtual Private Network)

Cadangan situs web

Backup data adalah cara untuk mencegah kehilangan atau kerusakan data dari serangan cyber atau virus malware. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan saat melakukan backup data, yaitu cara 3-2-1 dan 3-2-2.

Metode 3-2-1 berarti Anda memerlukan 3 salinan data Anda, 2 cadangan (disk dan tape) dan salinan di luar lokasi untuk pemulihan bencana. Metode 3-2-2, di sisi lain, berarti Anda menyimpan 3 data

Baca Juga :

https://pastani.id/
https://dpmptsplamtim.id/