Pengertian Bioma Beserta Jenis, Karakteristik, dan Contohnya

Pengertian-Bioma-Beserta-Jenis,-Karakteristik,-dan-Contohnya

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang pelajaran biologi tentang bioma. Apakah ada yang pernah mendengar tentang Biomes? Dan apa saja tipenya. Jadi pada poin ini kita akan mempelajari apa itu bioma, jenis bioma apa yang ada, dan fungsi apa yang dimiliki bioma itu sendiri.

Pengertian-Bioma-Beserta-Jenis,-Karakteristik,-dan-Contohnya

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman belajar matematika dasar Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

 

Pengertian Bioma Beserta Jenis, Karakteristik, dan Contohnya

Bioma adalah kumpulan organisme yang memuncak di suatu area di permukaan bumi. Bioma biasanya muncul karena pengaruh iklim suatu tempat. Umumnya terjadi karena perbedaan intensitas cahaya yang disebabkan oleh perbedaan lokasi geografis dan faktor ketinggian. Di habitat darat, dikenal istilah bioma, yang merupakan habitat yang luas.

Bioma merupakan ekosistem besar yang terbentuk karena kesamaan karakteristik geografis dan iklim bumi. Bioma sendiri terdiri dari ekosistem besar dengan koleksi flora dan fauna yang unik. Secara umum, bagaimanapun, bioma terdiri dari produsen, konsumen dan pengurai atau (pengurai) di mana suatu proses atau siklus dimulai dengan tumbuhan.

Biometerminant dapat bergantung pada struktur tanaman, jarak antar tanaman, jenis daun dan iklim yang ada. Namun, bioma tidak dapat dibedakan berdasarkan kemiripannya dalam sejarah, flora, fauna, dan zona genetik. Dalam bioma itu sendiri, banyak makhluk hidup yang menunjukkan adaptasi yang serupa agar dapat beradaptasi dengan lingkungannya.

Properti bioma

Ciri utama dari bioma itu sendiri adalah dominasi vegetasi tertentu di suatu wilayah yang dipengaruhi oleh kondisi iklim regionalnya. Sehingga perbedaan antar bioma dapat terlihat jelas pada vegetasi yang tumbuh di dalamnya. Bioma dibagi menjadi beberapa jenis, yang ditentukan dari iklim, curah hujan, lokasi geografis, dan intensitas sinar matahari.

Terbentuknya interaksi unsur lingkungan yaitu air, iklim, tanah dan organisme yang hidup pada suatu daerah.
Komunitas Klimak (kumpulan populasi berbeda) sebagai penanda wilayah di mana bentuk vegetasi besar mendominasi.
Komunitas cukup stabil kecuali satu kejadian yang mengganggu stabilitas komunitas.
Bisa dikenali dari dominasi vegetasi.
Penamaan bioma pada umumnya didasarkan pada dominasi vegetasinya.

 

Jenis bioma

Secara rinci, ada banyak bioma di dunia. Namun, hanya 6 jenis bioma yang diakui dan diterima

Bioma stepa (bioma padang rumput)

Bioma stepa atau sering disebut juga dengan bioma padang rumput merupakan biomassa yang menjadikan padang rumput sebagai flora utama. Bioma stepa ini banyak ditemukan di benua Australia, Amerika Utara, Asia dan Indonesia. Distribusi bioma stepa ini terjadi di daerah dengan curah hujan tinggi.

Ciri-ciri bioma stepa adalah sebagai berikut

Tersebar di tanah tandus berpasir yang tidak mengandung air.
Memiliki kelembapan rendah
Sedikit curah hujan, kira-kira. 25 mm / tahun
Penguapan tinggi dan lebih cepat dari hujan
Suhunya 45 derajat Celcius pada siang hari dan 0 derajat Celcius pada malam hari.

Bioma Taiga

Bioma Taiga adalah bioma yang beragam dibandingkan dengan bioma lainnya. Bioma taiga ini sangat didominasi oleh tumbuhan pinus dan cemara. Bioma ini juga memiliki rawa dan danau, tetapi tumbuhan lembab hampir jarang ditemukan pada bioma taiga jenis ini. Hewan yang ditemukan di bioma ini antara lain rubah, beruang, serigala, rubah, dan tikus, serta burung, yang sering bermigrasi ke selatan pada musim gugur.

Bioma ini terjadi terutama di daerah antara subtropis dan daerah kutub, misalnya di Skandinavia, Rusia, Siberia, Alaska dan Kanada.

Ciri-ciri bioma taiga adalah sebagai berikut

Saat musim dingin, air di bagian bawah berubah menjadi es yang terletak 2 meter di bawah permukaan tanah.
Ada sangat sedikit spesies tumbuhan hidup
Musim panas sangat singkat sedangkan musim dingin panjang.

Bioma tundra

Bioma ini terletak di lingkungan kutub, jadi beriklim kutub. Istilah tundra berarti dataran tanpa pohon, vegetasi didominasi oleh lumut dan lumut, vegetasi lainnya adalah rerumputan dan beberapa tumbuhan berbunga kecil.

Bioma tundra dapat terbentuk karena lingkungan alam yang gelap atau tidak menerima sinar matahari selama berbulan-bulan. Pada bioma tundra ini kita tidak menemukannya di pepohonan, hanya pada tumbuhan kecil seperti lumut dan rerumputan.

 

 

Lihat Juga : Soal dan pembahasan matematika dasar sbmptn