Pengertian Deposito, Jenis, Manfaat dan Karakteristik

pengertian-deposito

Definisi deposito

pengertian-deposito

Simpanan adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan antara nasabah dan bank. Oleh karena itu, setoran tidak dapat didebet setiap saat. Dana klien “dikunci” oleh bank selama jangka waktu tertentu sehingga bank dapat mengoptimalkannya dengan menyalurkannya ke sektor korporasi yang membutuhkan dukungan permodalan, investasi pada surat berharga dan lain-lain. Setoran ini diposting ke akun atas nama pelanggan. Nasabah yang melakukan penyetoran dikenal sebagai deposan. Dengan menyetorkan dana, deposan menerima bunga setiap bulan dengan tingkat bunga yang ditetapkan oleh bank yang bersangkutan.

Jenis deposito

Dalam perkembangannya, ada beberapa jenis simpanan yang biasanya ditawarkan oleh bank. Jenis simpanan meliputi:

Slip pembayaran

Slip setoran adalah jenis simpanan tetap yang dapat ditransfer (diperdagangkan) dalam bentuk sertifikat. Pengalihan kepemilikan dimungkinkan karena simpanan ini ditampilkan di pameran, bukan atas nama seperti simpanan berjangka tetap biasa.

Deposito Rupiah

Simpanan tetap rupiah ini merupakan jenis simpanan tetap dengan simpanan tetap dalam mata uang rupiah dengan tingkat bunga tertentu.

Deposito berjangka dalam mata uang asing

Deposito berjangka tetap valuta asing ini merupakan jenis simpanan dimana simpanan dalam valuta asing dilakukan dengan jangka waktu tertentu dan juga dengan suku bunga tertentu.

Fitur deposit

Deposito ini memiliki properti berikut:

Setoran minimum

Setoran minimum untuk setoran ini tidak sama dengan saat membuka rekening tabungan, yang dapat dibuka dengan setoran awal yang kecil. Menempatkan uang untuk membuka simpanan ini membutuhkan jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan tabungan. Tingkat pembukaan simpanan di masing-masing bank juga berbeda-beda.

Titik.

  • Setoran ini memerlukan penyetoran dana dengan jangka waktu tertentu yang dapat dipilih nasabah, yaitu 1, 3, 6 atau 12 bulan.
  • Saat Anda membutuhkan uang, Anda ingin menarik uang dalam bentuk deposito.

Adanya jangka waktu untuk menempatkan setoran berarti bahwa setoran tidak akan didebet kapan saja, tetapi hanya jika sudah jatuh tempo – dalam bentuk tunai.

Ketika dipaksa untuk menarik deposit.

Pada satu titik waktu, pelanggan harus menarik setoran. Biasanya, bank akan mengenakan denda untuk setiap penarikan dana simpanan yang belum jatuh tempo. Besarnya denda ini juga bervariasi atau tergantung kebijakan masing-masing bank. Beberapa dalam bentuk persentase dari nilai deposit saat penarikan – pokok + bunga – atau bisa juga berupa persentase dari nilai bersih saat ini deposit.

Bunga deposito.

Salah satu daya tarik dari deposito adalah suku bunganya biasanya lebih tinggi dari suku bunga tabungan, sehingga otomatis dana yang dimiliki bertambah lebih cepat. Dana yang tumbuh cepat ini dapat digunakan sebagai sarana investasi daripada menabung.

Resiko rendah.

Suku bunga tinggi ini ternyata bukan simpanan berisiko tinggi. Meskipun suku bunga deposito lebih tinggi dari deposito bank lain seperti deposito dan tabungan, deposito ini diklasifikasikan sebagai produk tabungan berisiko rendah. Alasannya, simpanan ini sama-sama merupakan produk tabungan bank.

Biaya manajemen dan pajak.

Biaya pengelolaan dan pajak bulanan atas tabungan dan rekening giro tidak dibebankan pada deposito karena pajak deposito hanya dihitung dari bunga deposito.

Manfaat deposit

Manfaat simpanan bagi bank sangat penting karena merupakan sumber modal. Sumber uang masyarakat digunakan bank untuk disalurkan dalam bentuk pinjaman atau produk lain dari bank yang bersangkutan. Kehadiran simpanan tersebut akan menjadi solusi untuk mengatur kehidupan ekonomi. Dari segi bunga bank, fungsi simpanan dibagi menjadi tiga kelompok:

Dari sudut pandang bank

Fungsinya sebagai bentuk perbankan untuk menghimpun dana dari masyarakat atau badan hukum. Upaya tersebut ditujukan untuk meningkatkan permodalan dalam mendukung perbankan, khususnya di bidang perkreditan (perkreditan), dengan memberikan insentif berupa suku bunga simpanan.

Tentang deposan

Simpanan yang menawarkan suku bunga tinggi dibandingkan simpanan lainnya juga dapat menerima jaminan pinjaman dan mengelola keuangan secara lebih terencana berdasarkan kebutuhan dan durasi simpanan.

Dalam hal pembangunan ekonomi

Dana yang dihimpun oleh bank dan dikembalikan dalam bentuk pinjaman digunakan secara optimal untuk tujuan produktif, karena dengan sendirinya dapat meningkatkan pendapatan nasional dan juga kesejahteraan masyarakat.

Sekian dan terima kasih telah membaca pengertian deposito, jenis, manfaat dan fitur. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Sumber :