Pengertian Komik: Fungsi, Ciri, Tujuan & Persyaratan menggambar

Pengertian-Komik-Fungsi-Ciri-Tujuan-&-amp;-Persyaratan-menggambar

Pengertian Komik: Fungsi, Ciri, Tujuan & amp; Persyaratan menggambar

Pahami komik

Komik adalah cerita bergambar yang terdiri dari gambar diam dan membentuk cerita yang mudah dipahami. Komik termasuk dalam karya seni karena membutuhkan keterampilan menggambar dan mengarang agar bermakna. Biasanya komik dicetak di atas kertas dan dilengkapi teks.

Pengertian-Komik-Fungsi-Ciri-Tujuan-&-amp;-Persyaratan-menggambar

Pahami komik menurut para ahli

Opini Franz & Meie

Oleh karena itu, komik adalah cerita yang mengedepankan gerak dan alur, yang direpresentasikan dengan rangkaian gambar yang dibuat secara khas menggunakan kombinasi kata.

Pendapat Scott McCloud

Komik adalah kumpulan gambar yang berfungsi untuk menyampaikan informasi atau untuk memberikan jawaban estetika kepada penonton.
Sejarah perkembangan komik

Perkembangan komik bermula dari peradaban kehidupan gua purba yang ditemukan oleh para penjelajah yang akhirnya berkembang di Eropa, dan komik berjudul “The Yellow Child” diyakini akan menjadi titik awal perkembangan komik di dunia.

Sejarah komik dimulai di barat. Awalnya komik hanya ditayangkan di surat kabar harian dengan gaya lukisan komik, yang mengandung unsur humor dan kritik. Komik berasal dari kata bahasa Inggris “comic” dan berarti “funny”.

Namun, komik aksi kemudian diterbitkan. Komik aksi paling awal termasuk Superman, Batman, dan Captain America. Bentuk komik meluas ke Asia selama Perang Dunia II. Jepang yang dipengaruhi oleh budaya ini berhasil membuat manga yang mewakili identitas gaya lukisan Jepang.
Lihat juga: √ Amandemen UUD 1945

Bisa dikatakan bahwa sejarah tradisi komik di Indonesia telah berlangsung lama, terlihat dari banyaknya manuskrip Jawa dan Bali abad ke-18 hingga abad ke-19 yang berbentuk komik. Komik modern muncul di Indonesia sekitar tahun 1930-an. Baru pada tahun 1950-an komik Indonesia muncul dalam bentuk buku.
Fitur buku komik

Ciri-ciri komiknya bisa dilihat di bawah ini, yaitu:

Sebagai sarana pemberian informasi dan edukasi
Media yang bisa menghibur pembaca
Lakukan printout atau tulis pesan kepada masyarakat umum.

Karakteristik komik

Ciri-ciri komik adalah:

Digunakan untuk menyampaikan cerita yang berisi berita dan informasi menggunakan teks dan gambar.
Gambar dan teksnya proporsional sehingga pembaca komik seolah-olah terlibat dan berperan langsung dalam cerita tersebut.
Gunakan bahasa sehari-hari yang mudah dimengerti.
Secara umum isi cerita buku komik yang bertema kepahlawanan membuat pembacanya merasa atau memiliki sikap heroik.
Representasi karakter dalam komik dibuat sederhana agar pembaca dapat dengan mudah memahami isi cerita dan menangkap pesan yang ingin disampaikan dalam cerita tersebut.
Ada humor yang disajikan dengan cara yang sederhana sehingga mudah dipahami oleh pembaca, dan secara umum humor yang disajikan sudah umum dan eksis di masyarakat.
Teks atau kata biasanya direpresentasikan dalam gelembung yang disinkronkan dengan gambar.

Tujuan komik

Berikut adalah tujuan dari komik tersebut:

Kembangkan kreativitas Anda melalui penggunaan gambar dan kembangkan imajinasi Anda.
Menerapkan seni pada komik atau karikatur.
Menjadi hiburan bagi orang yang membacanya.

Persyaratan untuk menggambar komik

Menggambar komik disebutkan di bawah ini:

Punya subjek dan tujuan

Hal ini tentunya menjadi prasyarat terciptanya komik, pokok bahasan dan tujuan menentukan arah dan tujuan terciptanya komik tersebut. Memperkenalkan gambar dan menggambar komik adalah mata pelajaran dan tujuan pembuatan komik. Tujuan komik secara umum adalah untuk dijadikan sebagai media hiburan, tetapi juga memiliki tujuan lain seperti hiburan. B. mengiklankan atau menceritakan sebuah cerita atau merangsang imajinasi pembuat buku komik.

Buat kalimat yang efektif dalam komik

Hal ini tentu saja menjadi syarat karena menjadi lebih mudah bagi pembaca dan membuat cerita yang pendek dan efektif. Tujuan lain dari kalimat percakapan yang efektif adalah agar mudah diingat pembaca dan alasan lainnya

gambar

Gambar harus sesuai dengan topik atau idenya. Sebuah gambar bukan sembarang gambar, tapi gambar tertentu yang sesuai dengan komik. Dan gambar tersebut harus sesuai dengan teks yang ada. Serta teknik menggambar komik dengan cara menggambar komik dengan baik dan teknik tertentu agar gambarnya bagus. Serta menyediakan alat, bahan untuk menggambar komik seperti kertas, krayon, dll.

 

 

LIHAT JUGA :

http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/bokeh/

https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/bokeh/

https://www.sudoway.id/bokeh/

http://serisekarsari.bm.uma.ac.id/2021/03/01/alight-motion-pro/

http://serisekarsari.bm.uma.ac.id/2021/03/01/aplikasi-efek-bokeh/

http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/alight-motion-pro-apk/

https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/alight-motion-pro/

http://rosdiana.stkipdamsel.ac.id/bokeh/

http://ayurf.blog.unjaniyogya.ac.id/bokeh/

http://pgpaud.fip.unp.ac.id/10-aplikasi-video-bokeh-android/