5 SMA dengan Biaya Sekolah Termahal di Indonesia

sma-termahal

5 SMA Termahal di Indonesia, Biaya Sekolah Bisa Sampai Setengah Miliar Setahun!

sma-termahal

Siapa yang suka bilang kalau masa SMA adalah masa sekolah yang terindah? Apakah karena teman-temannya, beban sekolah yang belum berat, atau justru karena SMA kamu memiliki fasilitas berstandar internasional?

Faktanya selain masalah program dan pengajar yang memengaruhi kualitas pendidikan di masa SMA. Fasilitas juga ikut banyak berpengaruh.

Karena itu tidak heran ada sejumlah SMA yang menyediakan fasilitas dan kualitas program pendidikan terbaik. Hingga membuat biaya pendidikan di tempat tersebut terbilang mahal.

Berikut ini Jaka sudah merangkum sejumlah sekolah yang memiliki biaya pendidikan paling mahal di Indonesia. Bahkan masuk dalam daftar SMA terbaik di Indonesia, apa saja?

1. Anglo-Chinese School Jakarta (ACS Jakarta)

ACS Jakarta adalah International Baccalaureate (IB) World School dan Cambridge Centre. Sekolah mempunyai jenjang Nursery, Kindergarten A dan B, serta kelas 1-12.

Fasilitas yang disediakan dalam sekolah ini di antaranya ruang seni, laboratorium komputer, laboratorium sains, ruang musik, perpustakaan, Performing Art Theater, Tang Siong Kie Hall dengan dua ruang tari dan enam ruang musik, dan klinik.

Selain itu juga terdapat lima lapangan tenis, tiga lapangan sepak bola, dua lapangan basket, satu lapangan voli, satu gymnasium, enam lapangan bulu tangkis, dan kolam renang. Wah, lengkap sekali bukan?

Soal biaya pendidikan, bagi siswa kelas 9-10 di ACS Jakarta harus membayar biaya sekolah sekitar Rp212 juta per tahun.

Sedangkan siswa kelas 11-12 dengan IB Diploma Programme harus membayar biaya sekolah Rp230 juta per tahun.

Tak cuma itu, para peserta didik sekolah bakal dikenakan biaya tes masuk sebesar Rp500 ribu per mata pelajaran ditambah biaya pendaftaran sebesar Rp4,5 juta.

Menurut kamu biaya-biaya tersebut sudah semuanya? Oh tidak, masih ada sejumlah biaya lainnya dari materi pembelajaran, kamp pendidikan, hingga Cambridge Board Examinations atau IB Diploma Examinations oleh International Baccalaureate Organization.

2. Bandung Independent School

Bandung Independent School (BIS) merupakan sekolah internasional berlokasi di Bandung yang berbasis IB Word School.

Sekolah ini menyediakan sejumlah program yakni Primary Year Program (PYP) dan Diploma Program (DP).

Fasilitas yang tersedia di antaranya Performing Arts Center dengan ruang teater dan ruang latihan, lapangan sepak bola, dua laboratorium sains, kolam renang, perpustakaan, ruang kerja kolaboratif, laboratorium komputer, laboratorium desain (Innovator’s Maker Space), dan lain-lain.

Bagi siswa SMA di BIS diharuskan membayar uang sekolah Rp246,7 juta per tahun untuk kelas 9-10 kemudian sekitar Rp263 juta per tahun bagi kelas 11-12.

Tak cuma itu, mereka juga dikenakan sejumlah biaya lain dari tes masuk (placement test), fasilitas, hingga program bahasa asing.

3. ACG School Jakarta

ACG School Jakarta juga turut mempunyai program International Baccalaureate Programmes dan Cambridge.

Sekolah tersebut sudah mempunyai fasilitas lengkap berupa musala, dua laboratorium sains, satu perpustakaan, ruang musik dan ruang seni, gymnasium serba guna, kolam renang, lapangan-lapangan olahraga, lapangan sepak bola junior, hingga area rekreasional.

Bagi calon siswa ACG School Jakarta bakal diwajibkan membayar uang pendaftaran sebesar Rp2,5 juta.

Kemudian para siswa juga dikenakan biaya sekolah sebesar Rp306,5 juta per tahun untuk kelas 7-11. Sedangkan untuk siswa kelas 12 dan 13 harus membayar biaya sekolah Rp310,5 juta per tahun.

Selain itu ada juga biaya sekolah lainnya misalnya biaya pengembangan sekolah Development Fee, Transport, English Language Support (ELS), Special Student Service, buku cetak, seragam, dan sejumlah ujian.

4. British School Jakarta

BSJ mempunyai fasilitas berupa lima lapangan tenis, area bermain berumput, area teduh untuk permainan, kolam renang ukuran olimpiade, gym, weights room, studio dance, dan Sport Centre yang berisi lapangan basket, voli, bulu tangkis.

Soal biaya sekolah, bagi siswa kelas 7- dikenakan biaya sekolah sebesar Rp353,5 per tahunnya.

Sedangkan siswa kelas 12 dan 13 dengan program International Baccalaureate harus membayar biaya Rp387,4 juta per tahun.

Para calon peserta didik juga dikenakan biaya pendaftaran senilai Rp4 juta ditambah deposit penerimaan siswa baru senilai Rp30 juta.

5. Jakarta Intercultural School (JIS)

Jakarta Intercultural School mirip dengan SMA lainnya yakni menerapkan program International Baccalaureate (IB) diploma dan Advanced Placement (AP).

Fasilitas yang dimiliki sekolah ini meliputi studio seni, auditorium, laboratorium komputer, perpustakaan, ruang musik, laboratorium sains, kolam renang, dan lapangan tenis.

Soal biaya sekolah tahunan terdiri dari uang masuk (Enrollment Fee), uang sekolah (Tuition Fee), dan bi

Sumber :