Telkomsel Siap Bangun 7.772 BTS 4G di 3T Indonesia

telkomsel-bts-4g

Telkomsel Siap Bangun 7.772 BTS 4G di 3T Indonesia, Ini Daftar Wilayahnya

telkomsel-bts-4g

Telkomsel akan menyiapkan infrastruktur 4G LTE base station (BTS) yang tersebar di 7.772 titik desa di kawasan 3T yang belum memiliki akses jaringan telekomunikasi broadband. Tujuannya adalah untuk mempercepat transformasi digital dan pengenalan gaya hidup digital bagi penduduk Indonesia.

Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Badan Telekomunikasi dan Akses Informasi (BAKTI) menetapkan Telekomsel sebagai salah satu mitra kerja sama operasional (KSO) dalam program layanan seluler 4G/LTE di Tertinggal, Terdepan. dan Daerah Terluar (3T) pada wilayah paket kerjasama 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 dan 9.
Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan Telkomsel akan terus mengadvokasi pemerataan akses jaringan broadband di Indonesia untuk memastikan setiap masyarakat, baik di perkotaan, pedesaan maupun 3T, terjamin.
Kami yakin dengan semakin banyaknya pembangunan BTS 4G/LTE USO di kawasan 3T dapat membuka jalan bagi Telecomsel sebagai pintu gerbang solusi digital dan penyedia konektivitas yang setara dan kualitatif untuk semakin memperkuat kerjasama dengan pemerintah sekaligus mendukung upaya penggelaran 4G / Jaringan LTE di Indonesia, seluruh desa.

Ilustrasi infrastruktur 4G/LTE base station (BTS) Telekom. Foto: Dok. telekomunikasi
Hendri meminta pemangku kepentingan lainnya seperti penyedia perangkat seluler dan aplikasi untuk bekerja sama membangun ekosistem gaya hidup digital yang inklusif di seluruh wilayah 3T. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan potensi yang berbeda dari semua daerah agar ekonomi digital dapat tumbuh melalui pemanfaatan teknologi.

Telkomsel ingin bisa membangun 7.772 USO 4G/LTE BTS paling lambat Desember 2022.

Wilayah 2 (Nusa Tenggara)
Daerah 3 (Kalimantan)
Daerah 4 (Sulawesi)
Daerah 5 (Maluku)
Wilayah 6 (Papua Barat)
Wilayah 7 Papua Barat Tengah)
Area 8 (Papua utara-tengah)
Wilayah 9 (Papua Tenggara)

Telekomsel Siap Bangun 7.772 BTS 4G di 3T Indonesia, Ini Daftarnya
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan, proses persiapan integrasi BTS bisa dilakukan secara bertahap. BTS yang dibangun dapat segera mulai menyediakan layanan seluler 4G kepada masyarakat di area 3T.

Semoga seluruh proses pembangunan infrastruktur BTS hingga penyediaan layanan seluler 4G dapat berjalan dengan lancar sehingga layanan seluler 4G dapat bermanfaat dalam mendorong perkembangan ekonomi digital bagi rekan-rekan kita di kawasan 3T serta menunjang kehidupan masyarakat di keseharian mereka,” ujarnya. Johnny.

Hingga paruh kedua tahun 2021, Telekomsel dan BAKTI telah menggunakan 1.158 USO BTS yang semuanya terkoneksi dengan teknologi jaringan broadband 4G/LTE terdepan. Pengembangan BTS USO ini merupakan bagian dari komitmen Telkomsel untuk memberikan layanan terbaik kepada seluruh pelanggan di wilayah 3T dan wilayah perbatasan Indonesia.

Sumber :