Truecaller: Panggilan spam di Indonesia akan berlipat ganda pada tahun 2021

Truecaller-Panggilan-spam-di-Indonesia-akan-berlipat-ganda-pada-tahun-2021

– Truecaller telah merilis laporan tentang aktivitas spam yang merajalela di seluruh dunia. Yakni, dalam Truecaller Global Spam Report 2021, yang menemukan peningkatan spam call di Indonesia sepanjang tahun 2021.

Truecaller: Panggilan spam di Indonesia akan berlipat ganda pada tahun 2021

Truecaller Global Spam Report 2021 sendiri merupakan studi global yang merinci spam dan scam yang menyasar pengguna smartphone di seluruh dunia. Termasuk peningkatan panggilan spam.

Truecaller-Panggilan-spam-di-Indonesia-akan-berlipat-ganda-pada-tahun-2021

Baca juga:
– Perbarui Truecaller versi 12, menawarkan berbagai fitur baru
– Truecaller berkembang pesat, menjangkau lebih dari 300 juta pengguna aktif di seluruh dunia
– Truecaller terus memberikan pelatihan keamanan data untuk masyarakat Indonesia
– Fokus Truecaller di Indonesia dan pandangan terhadap keamanan data pengguna

Serupa dengan edisi sebelumnya, Truecaller Global Spam Report 2021

menyertakan 20 negara paling terdampak di tahun 2021. Laporan ini dapat diakses melalui blog resmi Truecaller. Dari data yang ada, disimpulkan bahwa pandemi telah mengubah perilaku komunikasi yang juga berdampak pada perubahan pola spam di seluruh dunia.

Tahun ini, Truecaller berhasil membantu lebih dari 300 juta pengguna di seluruh dunia memblokir dan mengidentifikasi 37,8 miliar panggilan spam. Laporan ini juga menjelaskan tren spam dan penipuan selama setahun terakhir dan memberikan beberapa data penting, situasi saat ini, dan prakiraan untuk tahun 2022.

Berdasarkan Global Spam Report 2021, Indonesia kembali masuk enam besar

dengan peningkatan volume spam yang signifikan. Di Indonesia, scammer menargetkan target mereka dengan cara yang sangat ilmiah dan tepat, bahkan menggali informasi latar belakang yang mendetail dan catatan keuangan korbannya.

Masalah ini diperparah dengan fakta bahwa sangat sedikit orang Indonesia yang mengetahui penipuan ini – hanya 1% dari semua panggilan yang diblokir yang ditandai sebagai penipuan sementara jumlah ancaman penipuan terus bertambah.

Alan Mamedi, CEO dan salah satu pendiri Truecaller, mengatakan: “Data kami menunjukkan bahwa dengan meningkatnya tingkat teror komunikasi yang tidak diinginkan, masyarakat Indonesia menjadi sasaran penipuan, menempatkan jutaan pengguna smartphone di Indonesia berisiko menjadi korban penipuan. Hal ini memberikan Truecaller teknologi dan keahlian yang tepat untuk melindungi masyarakat Indonesia dari ancaman yang terus menjadi perhatian kami ini. Kami yakin data yang disajikan dalam Laporan Spam Global edisi kelima ini dapat membantu masyarakat Indonesia mengetahui dan memahami cara kerja spam dan gunakan informasi ini untuk memerangi ancaman panggilan spam.”
Didukung oleh GliaStudio
Laporan Spam Truecaller Global 2021. (Truecaller)
Laporan Spam Truecaller Global 2021. (Truecaller)

Meningkatnya panggilan spam di Indonesia membutuhkan tindak lanjut yang serius. Sebuah badan keamanan siber SOCRadar baru saja merilis laporan tentang lanskap ancaman siber di Indonesia, yang menyatakan bahwa ada peningkatan ancaman web gelap.

Ada database jutaan orang Indonesia yang dijual bebas di Dark Web yang berisi informasi sensitif seperti nama, nomor telepon, tanggal lahir, nomor KTP, dan gaji bulanan. Dari kategori spam, panggilan spam paling banyak berasal dari penyedia jasa keuangan, sedangkan spam yang berasal dari penjualan berada di urutan kedua, mencapai 19%.

Statistik lain yang tidak kalah pentingnya adalah bahwa Indonesia adalah salah satu dari dua negara (bersama dengan Vietnam) dalam daftar 20 negara spam teratas, yang mengalami peningkatan volume panggilan spam lebih dari dua kali lipat dari Januari hingga Oktober 2021 saja .

Pada bulan Januari, total volume panggilan spam yang dilaporkan mencapai hampir 12,6 juta. Angka itu kemudian naik menjadi 25,8 juta panggilan spam pada Oktober 2021. Rata-rata orang Indonesia menerima 14 panggilan spam setiap bulan.
Laporan Spam Truecaller Global 2021. (Truecaller)
Laporan Spam Truecaller Global 2021. (Truecaller)

Tren spam dari berbagai negara lain di seluruh dunia

Brasil tetap menjadi negara spam teratas selama empat tahun berturut-turut, dengan rata-rata pengguna menerima 32,9 panggilan spam per bulan. Ada celah spam yang signifikan, dengan Peru menempati peringkat kedua dengan rata-rata 18,02 panggilan spam yang diterima pengguna dalam sebulan.
Peringkat untuk panggilan spam dan spam SMS terlihat sangat berbeda. Negara-negara di Afrika cenderung lebih terpapar ancaman spam melalui SMS daripada melalui telepon.
Afrika Selatan secara historis menjadi salah satu negara yang paling banyak menerima spam di dunia: ke-5 pada tahun 2017, ke-4 pada tahun 2018, dan ke-6 pada tahun 2019. Berhasil baik pada tahun 2020, peringkat ke-17 tetapi kembali ke sepuluh besar (No.9). ) tahun ini.

Baca Juga :

https://satgascovidkabbogor.id
https://rsudsuka.co.id
https://dinkesokut.id
https://rsudsitiaisyah-lubuklinggau.co.id
https://lpmpjambi.id
https://lsp-poliban.id