Usus halus: struktur, komponen, enzim, fungsi, lapisan

Usus-halus-struktur-komponen-enzim-fungsi-lapisan

Pengertian usus halus
Baca cepat Buka

Usus halus adalah bagian dari sistem pencernaan antara lambung dan usus besar. Usus halus terdiri dari 3 komponen utama, yaitu duodenum, usus kosong, dan usus pencernaan. Ada dua lokasi peredaran darah di duodenum, yaitu pankreas dan kantong empedu. Usus halus seperti silinder sempit berliku-liku yang mengisi perut bagian bawah. Fungsi utama usus halus adalah untuk melakukan pencernaan kimiawi dan pencernaan makanan. Usus halus memiliki kaliber sekitar 2 cm dan panjang sekitar 6 meter, itulah sebabnya usus halus dikenal sebagai sel pencernaan terpanjang dalam tubuh manusia.

Usus-halus-struktur-komponen-enzim-fungsi-lapisan
Struktur usus halus

Di bawah ini adalah beberapa struktur usus halus, yaitu sebagai berikut:

Struktur serosa

Merupakan struktur terluar dari pembuluh darah, limfe dan saraf. Struktur serosa usus halus berupa membran ikat yang dilapisi oleh peritoneum viseral. Struktur serosa memiliki saluran udara kecil yang melepaskan senyawa serosa yang bertindak sebagai pelumas untuk aktivitas otot.

Struktur otot

Struktur otot pada usus halus merupakan struktur otot polos yang bergerak tanpa diawali. Serat otot diperoleh dua jenis, yaitu serat otot longitudinal dan serat otot sirkular. Kombinasi peregangan kedua jenis otot tersebut menghasilkan aktivitas peristaltik usus yang berperan dalam menampung makanan dan sampai ke sel pencernaan selanjutnya.

Struktur submukosa

Struktur submukosa merupakan struktur membran ikat longgar yang mengandung pembuluh darah, limfe, saraf, dan kelenjar mukosa. Pembuluh darah dalam struktur submukosa usus halus memberikan kontribusi penting untuk menyalurkan makanan yang dicerna.

Struktur mukosa

Struktur membran mukosa terdiri dari organ epitel sederhana dan membran ikat tipis. Struktur mukosa memiliki organ goblet yang dapat menyerap lendir. Lendir tersebut berupa sekret dari semua kelenjar yang berasal dari usus halus. Struktur yang dibentuk oleh hormon sekretin dan enterokirin disebut jus usus.
Komponen usus kecil

Berikut adalah 3 komponen dalam usus halus yaitu sebagai berikut:

1. Usus dua belas jari

Duodenum adalah bagian dari usus halus yang terletak setelah lambung dan berhubungan dengan usus kosong dengan panjang sekitar 25 sampai 38 cm. Duodenum adalah bagian terkecil dari usus halus, yang berakhir dari bulbus duodenum hingga ligamen Treitz. Duodenum adalah sel retroperitoneal yang tidak sepenuhnya tertutup oleh membran peritoneum. PH standar duodenum adalah sekitar 9 derajat. Suatu bentuk histologis yang disebut kelenjar Brunner berkembang di usus kecil, yang membentuk lendir basa untuk membantu menyedot dan menetralkan pH makanan. Duodenum diklasifikasikan sebagai sel retroperitoneal karena tidak semuanya tertutup oleh membran peritoneum. Sirkulasi pankreas dan empedu berhubungan langsung dengan usus kecil, jus pankreas digunakan untuk memecah makanan, sedangkan empedu digunakan untuk memecah dan menghancurkan lemak. Hasil penghancuran lambung yang masuk ke duodenum disebut kimus. Fungsi duodenum adalah untuk mengatur, menawarkan, memecah dan menghancurkan chyme.
Baca lebih lanjut: Telur adalah

2. Usus kosong

Usus kosong adalah bagian tengah dari usus kecil. Panjang usus halus adalah 1 sampai 5 meter. Istilah usus kecil berasal dari kata sifat bahasa Inggris “jejune”, yang berarti lapar. Artinya terdiri dari kata Latin “Jejunus”, yang berarti kosong. Jejunus terletak ditumpuk dan ditahan oleh mesenterium; posisi bertumpuk memperkuat jejunum untuk aktivitas selama proses pencernaan. Usus kosong memiliki luas permukaan yang sangat besar sehingga terbentuk jahitan usus. Ada benjolan seperti jari yang disebut vili di permukaan. Benjolan ini berperan dalam menyedot nutrisi makanan. Fungsi utama usus kosong adalah memecah nutrisi, menyedot nutrisi lipofilik, dan menyedot air. Untuk membedakan jejunum dari duodenum, umumnya dikenali dari penyusutan kelenjar Brunner saat memasuki jejunum dan perluasan jumlah vili. Sementara itu, pengukuran untuk membedakan usus kosong dengan ileum agak sulit dilakukan secara makroskopis karena komponennya kurang lebih sama.
3. Saluran pencernaan

Saluran pencernaan adalah bagian terakhir dari usus kecil. Dalam proses pencernaan manusia, usus pencernaan memiliki panjang 2 sampai 4 meter. PH ileum adalah antara 7 dan 8. Ada juga komponen seperti gumpalan di saluran pencernaan yang disebut vili. Sama seperti di usus kosong, mereka memiliki

Lihat Juga :

https://www.jpnn.com/news/mengenal-winning-eleven-gim-olahraga-paling-populer
https://www.wartaekonomi.co.id/read349487/bosan-main-game-itu-itu-aja-cobain-nih-mini-militia-god-mod-apk-unlimited-nitro-dan-ammo-2021
https://www.beritasatu.com/nasional/123845/ini-contoh-teks-prosedural-protokol-sederhana-kompleks
https://www.suara.com/bisnis/2021/07/08/092216/pentingnya-mengenal-dan-mempelajari-jenis-teks-prosedur
https://www.tabloidbintang.com/film-tv-musik/kabar/read/161461/keunggulan-dan-kurangnya-wa-web-sebagai-fitur-whatsapp
https://ayobandung.com/read/2021/07/08/250265/tahapan-mudah-penggunaan-wa-web
https://www.solopos.com/pengertian-teks-eksplanasi-adalah-ciri-struktur-kaidah-contoh-1137977
https://www.gamegim.com/
https://majalahkartini.co.id/
https://1news.id/
https://kebangkitan-nasional.or.id/